LEADERSHIP CAMP 2017

LEADERSHIP CAMP 2017

Administrator | Kamis, 01 Juni 2017 - 09:42:33 WIB | dibaca: 523 pembacaPrint Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

Leadership camp, merupakan sebuah kegiatan kesiswaan yang menitikberatkan pada pembentukan karakter pemimpin  bagi siswa dan penanaman nilai-nilai kemandirian, kesederhanaan, kedisiplinan, dan tidak melupakan ibadahnya. Kegiatan ini merupakan kegiatan berkemah yang padat  sambil membiasakan hal-hal yang menuntut kemandirian siswa dalam melangsungkan kehidupannya, seperti memasak sendiri, memecahkan permasalahan bersama-sama, menjaga kebersihan tempat tinggal (kemah), dan menjaga kekompakan. Tema pelaksanaan leadership camp siswa di tahun 2017 adalah “Be a True Khalifah in the World” atau “Menjadi Pemimpin yang Sesungguhnya di Dunia”.

Acara yang diikuti oleh seluruh siswa kelas X SMA IT Ar Raihan Bandarlampung ini bertujuan untuk mengajak peserta didik mengenal kehidupan yang dekat dengan alam, memberikan refreshment yang sifatnya rukhiyah/kerohanian kepada siswa, mengajak siswa untuk lebih mandiri menyediakan kebutuhan hidupnya, menumbuhkan jiwa kepemimpinan, rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang lebih kokoh kepada siswa kelas X, serta meningkatkan kedisiplinan, termasuk kedisiplinan dalam beribadah kepada Allah swt.

Pelatihan Kemandirian

Pada aspek ini, siswa akan diberi serangkaian kegiatan yang memancing sikap kemandirian untuk tumbuh. Kewajiban untuk memasak dalam mencukupi kebutuhan makanan mereka merupakan aktivitas yang merupakan salah satu aktivitas yang sangat penting untuk dilakukan. Adanya tuntutan untuk bertanggung jawab menghabiskan makanan, memastikan bahwa seluruh anggota kelompok mendapat bagian yang rata, merupakan hal-hal lain yang juga dapat memancing nilai-nilai kebaikan dan tanggung jawab terbangun.

refreshment Kerohanian / Rukyah

Proses penyegaran atau refreshment pada kondisi rohani/rukhiyah/psikologis siswa dilakukan dengan mengadakan kegiatan padat ibadah, diantaranya: Sholat 5 waktu berjamaah, sholat rawatib ba’diyah dan qabliyah, sholat malam, muhasabah, hapalan, dan muraja’ah. Pada aktivitas muhasabah (renungan) dan kegiatan di malam hari, mereka diharapkan dapat memaknai kekhusukan dan melakukan refleksi yang sifatnya pribadi.

 






Komentar via Facebook




Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)
 


Top
  • Algreen Teknologi