Villager Tinggalkan Kesan Bagi Warga

Villager Tinggalkan Kesan Bagi Warga

Administrator | Selasa, 10 Maret 2015 - 10:19:46 WIB | dibaca: 579 pembacaPrint Friendly Version of this pagePrint Get a PDF version of this webpagePDF

Pendidikan tak sekadar bertolok pada kegiatan belajar-megajar di kelas yang biasa dilakukan kebanyakan pendidik. Tetapi juga, pendidikan dapat dilakukan di alam terbuka sehingga melatih siswa cakap akan moral dan sosial. Belum lama ini, SMA IT Ar Raihan mengadakan villager sebagai upaya penggemblengan para siswa agar memiliki kecakapan tersebut.  
Villager merupakan salah satu program kerja kolaborasi Bidang Kesiswaan dan Kurikulum SMA IT Ar Raihan yang sasarannya adalah siswa Kelas XI. Villager dilakukan dengan cara siswa menginap di rumah warga yang sebelumnya telah ditentukan sekolah. Villager tahun ini dilaksanakan pada 26—30 Januari 2015 di Dusun Ciliwak, Desa Suwak, Sidomulyo. “Banyak kegiatan yang dilakukan siswa di sana, seperti membuat gula dari kelapa, menanam padi, hingga mengadakan pengajian yang jarang sekali dilakukan warga setempat,” papar Kepala Bidang Kurikulum, M.Farhan Syakur, S.Hum.

Ada sisi positif lain yang didapat dari villager ini. Selain malatih kepekaan sosial siswa terhadap masyarakat, juga membuat siswa makin kompak. Mereka saling membahu saat mencat dinding musala, membuat gula kelapa, dan memasak. Tiada rasa iri dan malas-malasan. Banyak kesan positif yang dirasakan warga setempat. Bahkan, saat para siswa berpamit pulang, tak sedikit para warga yang merasa sedih karena kehilangan. Ke depannya, kegiatan ini dijadikan program kerja tahunan hanya untuk Kelas XI sebab di Kelas X mereka telah dilatih kepemimpinan dalam kegiatan Leadership Camping.
[]desti




Komentar via Facebook




Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)
 


Top
  • Algreen Teknologi