SMA IT AR RAIHAN BANDAR LAMPUNG
Kurikulum SMA IT Ar Raihan
Administrator | Jumat, 08 Februari 2019 - 09:21:43 WIB | dibaca: 17 pembaca

SMA IT Ar Raihan sebagai salah satu sekolah menengah atas di Bandar Lampung berupaya memberi warna pendidikan di Lampung. Hal ini ditandai dengan kekhususan kurikulum sekolah yang berorientasi pada pendidikan keagamaan, khususnya tilawah dan tahfidz Alquran.

Kurikulum SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung disusun berdasarkan kekhasan dan kebutuhan masyarakat (stake holder) terhadap pentingnya pendidikan agama Islam. Respon SMA IT Ar Raihan atas kebutuhan ini ditandai dengan formula pendidikan yang memadukan antara kurikulum Dinas Pendidikan dengan Pendidikan Islam. Integrasi itu pun tertuang dalam visi dan misi sekolah.

Sejak pertama kali berdiri SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung mengimplementasikan muatan kurikulum Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Dimulai dengan pengimplementasian Kurikulum 2006 pada tahun pelajaran 2012/2013 hingga Kurikulum 2013 pada tahun pelajarn 2016/2017. Pada tahun pelajaran 2019/2020 SMA IT Ar Raihan mengimplementasikan Kurikulum 2013 secara menyeluruh dari kelas 10 hingga 12.

Keterpaduan pendidikan islam di SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung ditandai dengan jaminan kelulusan (quality assurance). Di antaranya adalah penguasaan tahfidz juz 1, tilawah alquran yang baik, terbiasa dengan amalan-amalan syariah islam, dan penanaman budi pakerti (akhlakul karimah).

Lebih jauh lagi, kegiatan pembelajaran di SMA IT Ar Raihan Bandar Lampung disusun untuk mencapai sasaran program dengan strategi pelaksanaan yang wajib dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah, di antaranya adalah:

  1. Mengadakan pembinaan terhadap peserta didik, guru dan karyawan secara berkelanjutan.
  2. Mengefektifkan program pengembangan diri (Life Skill).
  3. Melakukan pembinaan keislaman seperti tahsin dan tahfidz Alquran, halaqah tilawah Alquran, salat duha, puasa sunnah, dan shalat jamaah.
  4. Memberikan pemahaman keislaman melalui Home Room Session.
  5. Meningkatkan penggunaan bahasa Inggris.
  6. Meningkatkan penggunaan Laboratorium untuk pembelajaran.
  7. Membentuk kelompok belajar.
  8. Pengembangan website, Virtual Library dan E-Learning, serta impelementasi Sistem Informasi Manajemen (SIM).
  9. Mengintensifkan kelompok belajar di Asrama Pelajar Putra dan Putri.
  10. Mengintensifkan komunikasi dan kerjasama dengan orangtua.
  11. Pelaporan kepada orang tua secara berkala.





 


Top
  • Algreen Teknologi